Kamis, 21 Februari 2013

Untuk error code yang satu ini, termasuk dalam kategori permasalahan yang cukup mudah dan user bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu bantuan dari tenaga ahli.
Disini kami jelaskan dari tahap pertama, bagaimana mengetahui kalau printer sedang dalam kondisi error code berapa. Kalau printer Canon Anda berjeniskan single fungsi, cukup dengan menghitung banyaknya kedipan lampu resume (berada di bawah/samping power). Tapi bagi Anda yang printernya berjeniskan multifungsi, Anda tidak perlu menghitung tapi cukup dengan membaca petunjuk dari LCD printer Anda. Umumnya code itu ditunjukkan dengan satu persatu, contoh : printer Canon Pixma MP258, pada LCD menunjukkan code huruf E kemudian di ikuti dengan angka semisal 2 itu bermakna  no paper/ASF.

Kali ini postingan hanya membahas error code E4 atau E16, dan cara mengatasinya cukup dengan menekan tahan tombol resume selama 20detik kemudian lepas dan tunggu sampai printer  Anda dalam kondisi standby (lampu tidak kedip/pada LCD menunjukkan angka 1. Bila permasalahan itu masih terjadi bisa diulangi tahapan diatas dengan waktu yang lebih lama.

Error code E4 dan E16 itu sendiri bermakna No Ink atau Ink Remaining is Unknown. Maksutnya printer seakan-akan tidak mengenali cartridge Anda, pada monitor PC/Laptop Anda akan muncul sebuah gambar yang dimana salah satu cartridge atau keduanya dalam kondisi terlepas dengan carriage unit (rumah cartridge). Printer Canon hanya mendeteksi tinta originalnya saja, jadi jika Anda telah melakukan refill (isi ulang) pada cartridge Anda atau printer Anda dalam kondisi telah dimodifikasi (system infus) maka itu tidak akan berimbas mengembalikan level tinta pada indikator yang ditunjukkan pada PC/Laptop Anda. Tapi selagi printer Anda masih bisa difungsikan untuk mencetak, tidak menjadi pengaruh untuk printer itu sendiri jika telah terjadi Error Code E4 atau E16.

Semoga Membantu
Posted by

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar