Jumat, 15 Februari 2013

PENGERTIAN PRINTER

 
Pengertian printer
Printe r   adalah    salah    satu hardware (perangkat keras)    yang    terhUbung    kekomputer    dan     mempunyai    fungsi    untuk    mencetak    tulisan, gambar    dan    tampilan   lainnya   dari   komputer   ke   media    kertas    atau   sejenis. Istilah   yang   dikenal    pada   resolusi    printer    disebut    dpi (dot per inch). Maksudnya    adalah   banyaknya   jumlah    titik   dalam    luas    area 1 inci. Semakin    tinggi   resolusinya    maka    akan    semakin    bagus   cetakan    yang    di   hasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya    rendah    maka hasil   cetakan   akan buruk / tidak bagus.
 Jenis   Printer
Printer Dot-Matrixadalah   pencetak   yang   resolusi   cetaknya  masih   sangat    rendah. Selain   itu   ketika    sedang    mencetak, printer    jenis    ini    suaranya    cenderung     keras    serta kualitas   untuk    mencetak    gambar    kurang    baik    karena    gambar    yang    tercetak    akan    terlihat   seperti    titik-titik    yang    saling  berhubungan. Umumnya, printer    jenis    dot-matrix    juga   Hanya    mempunyai    satu   warna,  yaitu    warna    hitam. Tetapi    saat    ini    printer    ini    masih   banyak    digunakan    karena    memang    terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan    lainnya, pita    printer    dot-matrix    jauh    lebih    murah    dibandingkan    dengan     toner (tinta)     untuk     printer    jenis     inkjet   dan   laserjet. InkJet    Printer   adalah    alat   cetak    yang    sudah    menggunakan    tinta    untuk    mencetak dan   kualitas     untuk     mencetak     gambar     berwarna     cukup  bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printertersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jikadibandingkan dengan laser printer.Laser PrinterSebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Dayacetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitashasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya.Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakanuntuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, diatas kertas.Di bawah ini ada ng mungkin belum anda ketahui.Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar