Selasa, 26 Februari 2013

PERANGKAT HARDWARE

PRINTER


1.pengertian printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut.
2.Jenis Printer Dot Matrik
jenis printer dot metrix
jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
Jenis Ink Jet
jenis printer ink jet
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
Jenis Laser Jet
jenis printer laset jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.

3.PAPER JAM
Mengalami paper jam atau kemacetan kertas pada printer kita ada suatu kejadian yang tidak menyenangkan, apalagi pada saat kita sedang diburu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menggunakan printer. Biasanya saat printer mengalami paper jam, maka sesaat setelah kertas yang macet itu kita tarik, printer tidak bisa segera kita pergunakan, bahkan terkadang kita harus mereset PC atau laptop kita, tentu akan semakin banyak waktu yang terbuang.
Berikut ini adalah tips untuk mengatasi paper jam:
Paper Jam
Langkah pertama : Buka cover printer, dan tariklah kertas yang tersangkut itu dengan cara pelan-pelan, jangan dipaksa karena bisa merusak printer.
Bila printer saat itu belum bisa dipergunakan, karena mengalami blinking stelah mengalami paper jam ini, maka cobalah langkah kedua berikut ini :
Langkah kedua : cabutlah kabel power printer untuk mereset printer. Pasang kembali kabel power printer dan cobalah untuk menggunakannya. Namu bila printer masih tetap tidak bisa dipergunakan, maka bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya.
Langkah ketiga : Cobalah buka Control Panel > Administrative tools > service (untuk Windows 7) atau Control Panel > Performance and Maintenace > Administrasi Tools > Services (untuk Windows XP). Buka service PRINT SPOILER, dan matikan prosesnya dengan klik “STOP”. Selanjutnya klik  Start > Printer and Faxs, klik kanan > Refresh. Jalankan kembali service Print Spoiler yang kita stop tadai, dengan klik “START”. Printer sudah siap untuk dipergunakan kembali.


4.MATI TOTAL

Cara Service Printer Epson T20E Mati Total

Sobat kali ini pasien Saya Printer Epson T20E kondisi matot alias mati total. Dengan besar hati langsung saja Saya bongkar tuh printer, dengan pikiran “ah paling adaptor/regulatornya yang mati”. Tapi setelah di cek adaptor, kok ngga ada masalah, tegangan yang keluar (out put) nya baik-baik saja (normal). Lanjut ke mainboardnya, langsung saya lepas tuh mainboard, akhirnya ketemu juga sumber penyakit printer epson T20E ini. Ternyata masalahnya ada di diodayang di board printer ini. Pengen tahu dioda yang mana yang rusak?berikut Saya Paparkan cara menganlisa Printer Epson T20E yang matot…………

Cara Service Epson T20E Mati Total :
  • Bongkar printer dan keluarkan boardnya
  • Cek (ukur) keluaran power supply (adaptor) nya, dalam kondisi normal power supply (adaptor) mengeluarkan tegangan 43-45 Volt DC. Lihat gambar dibawah
  • Kalau power supply nya normal, Sobat lanjutkan langkah berikutnya, cek diodanya. Lihat gambar di bawah
  • Jika setelah di cek (pake multi tester/AVO meter) Diodanya short / konslet, berarti inilah sumber masalahnya.
Dengan konsletnya dioda ini menyebabkan Tegangan dari power suply (adaptor) yang 43-45 Volt ini menjadi ngeground atau konslet, sehingga printer menjadi mati total
  • Ganti saja dengan dioda biasa 1-2 Ampere, lihat gambar di bawah :
Kasus mati total printer epson ini tidak hanya pada T20E saja, tapi mungkin terjadi pada T11, T13, C90, C65, bahkan printer TX101,TX111, dll.
Selamat mencoba………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar