Kamis, 21 Februari 2013

Kode Error Printer Canon MP258


Pada printer canon MP258 kode error ada 2 jenis yaitu
  1. Menggunakan huruf depan P, misal P08
  2. Menggunakan huruf depan E, misal E13


Kode Error P Canon MP258 :
P02 (Carriage error)
P03 (Line feed error)
P05 (ASF sensor error)
P06 (Internal temperature error)
P07 (Ink absorber full)
P08 (Print head temperature rise error)
P09 (EEPROM error)
P15 (USB VBUS over current)
P20 (Other hardware error)
P22 (Scanner error)

Kode Error E canon MP258 :
E04 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
E05 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik atau salah satu catrid ada yg rusak
E14 dan E15 : Catridge canon MP258 tidak terpasang dengan baik.
E13 dan E16: Ink has run out / catridge minta di reset.

Tips Merawat Cartridge Printer Agar Awet


Printer adalah barang yang penting. Tanpa printer kita tidak bisa mencetak hasil pekerjaan kita. Tapi printer seringkali diabaikan untuk pemeliharaannya. Berikut ada beberapa tips untuk merawat cartridge printer inkjet agar awet dan tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

1. Jika tinta pada cartridge habis, segeralah isi.
Tinta adalah pelumas untuk head printer. Contohnya, tinta warna tetap digunakan meskipun yang akan dicetak adalah warna hitam, begitu juga sebaliknya. Jika anda mencetak dengan tanpa adanya tinta warna, berarti anda merusak head printer karena tidak adanya pelumas/tinta pada saat gesekan saat mencetak. Itulah alasan kenapa beberapa printer tidak bisa mencetak jika tidak adanya tinta warna meskipun anda tidak menggunakannya. Jika anda membiarkan cartridge warna kehabisan tinta, maka tinta sisa yang ada akan menyumbat head printer dan lama-lama akan permanen sampai cartridge tersebut tidak bisa digunakan. Jadi segeralah isi jika cartridge anda sudah mulai kehabisan tinta. Jangan dibiarkan terlalu lama atau anda harus membeli lagi cartridge baru.
2. Jangan keseringan menghidupkan dan mematikan printer.
Usahakan untuk membiarkan printer tetap hidup, di samping tidak menyedot banyak daya alias hemat listrik juga karena bisa memperpanjang umur cartridge. Saat printer dinyalakan, printer mengirimkan sinyal untuk segera mengganti tinta pada head agar tidak tersumbat. Jika anda mematikan printer dan lain waktu anda menghidupkannya lagi, maka printer tetap akan melakukan penggantian tinta pada head. Ini adalah penghamburan tinta. Beberapa cartridge printer bisa menampung 3-7 ml tinta, dan saat dilakukan cleaning, 2-3 ml tinta terbuang percuma. Disamping itu, busa penampung tinta akan cepat basah/penuh. Dan jika busa tersebut mulai basah kuyup, maka printer tidak akan bisa mencetak. Biaya perbaikannya lebih mahal ketimbang harga dari printer itu sendiri. Usahakan untuk tetap menghidupkan printer dan jangan keseringan di-cleaning.
3. Jika anda terpaksa untuk mematikan printer, matikanlah dari tombol power pada printer, jangan mencabut colokan/stekernya langsung. Printer akan melakukan shutdown sendiri sebagaimana mestinya. Seperti membersihkan tinta sisa pada head dan menutupnya agar tidak terjadi penyumbatan. Dengan mematikannya lewat tombol power pada printer, hal-hal tersebut akan dilakukan oleh printer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar