Rabu, 20 Februari 2013

PERBAIKI CARTRIDGE RUSAK/ERROR

PERBAIKI CARTRIDGE RUSAK/ERROR

CARTRIDGE PG-40/41. PG-830 CL-831 PG-810 CL-830,
CANON IP. 1200, 1300, 1600, 1800, 2700
Bisa dicoba di cartridge Merek lain dengan jenis yang sama.

Tips ringan namun berguna ini (setidaknya bagi saya) saya share berdasarkan pengalaman sendiri sebagai pemakai Printer inkjet termasuk Canon. Selain itu berdasarkan data yang saya terima dari klien yang sering mampir ternyata keluhan yang paling sering dan cukup repot dari printer inkjet Canon ini adalah apabila Cartridge sudah terdeteksi rusak/ error oleh printer.
Biasanya error yang muncul adalah : Unrecognized Cartridge, not compatible atau cartridge tidak terpasang dengan benar. Bahkan sering muncul error cover tidak ditutup dengan benar. Intinya adalah Cartridge tersebut sudah terdeteksi rusak oleh printer sehingga chip printer menyarankan untuk segera mengganti catridge dengan yang baru….
Selesaikah masalah itu hanya dengan beli cartridge baru?.. mungkin Ya.., tapi bagi saya dan juga rekan-rekan yang menganut faham efisiensi dan iritisasi mungkin membeli cartridge adalah hal terakhir. Apalagi Cartridge Canon baik yang Genuine/asli maupun yang Compatible/lokal boleh dikatakan masih cukup MAHAL. Bahkan secara bergurau boleh dikatakan membeli sepasang Crtridge baru Canon ( black and color) sama dengan beli printer Canon baru itu sendiri. Apalagi bagi yang terbiasa memakai tinta suntik atau system Infuse, tentunya terasa berat bila harus membeli cartridge baru.
Agar cartridge Canon ataupun printer yang lain awet, maka perlu diperhatikan beberapa hal yang mungkin berguna ;
- Selalu periksa kondisi Cartridge dari kotoran/ tinta yang mungkin menetes atau mengotori printhead maupun terminal/chip connector.
- Bersihkan cartridge dengan kain halus/tisu dan jangan memakai kimia yang bisa merusak printhead maupun conector itu sendiri.
- Pasang kembali catridge saat kondisi connector benar-benar bersih dan kering. ini untuk mencegah korsleting pada printhead maupun connector itu sendiri.
- selalu melakukan test print dengan rutin dan teratur, untuk menjaga agar printhead tidak mempet atau banjir.
- Bagi yang menggunakan infuse system, periksalah kondisi tinta pada tabung infuse. Buanglah sisa tinta bila kelihatan sudah mengendap dan kelihatan warnanya berubah. Termasuk bila dijumpai kotoran lain didalamnya, cuci juga tabung infuse bila kelihatan sudah banyak endapan.
extrem repair cartridge
wonderfull result

Kembali kepada kasus cartridge yang rusak, saya sendiri sudah sering melakukan berbagai cara untuk mencoba mengatasi atau memperbaiki cartridge yang sudah rusak ini. Baik dengan menguras tinta didalam cartridge, membersihkan dengan aneka cairan pembersih maupun mencoba dengan meresetnya, namun dalam kasus cartridge RUSAK,biasanya jarang bisa segera menemukan solusinya, setidaknya menurut pengalaman saya. Akhirnya setelah mencoba beberapa kali saya menemukan cara EXTREM dalam memeperbaiki catridge yang sudah benar-benar terdeteksi rusak. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan dulu bagian Connector (dibelakang Cartridge) dengan pembersih halus, saya sendiri memakai cairan WD untuk membersihkan bagian Connector ini.
2. Siapkan Solder dengan panas sedang, usahakan memakai ujung solder (solder tip) yang runcing.
3. Agar tidak merusak bagian Conector, terutama karena hampir semua jenis Cartridge tipe ini menggunakan kable Fleksibel, maka saya mengolesi semua permukaan conector/bagian fleksible yang akan di treatment dengan FLUX atau cairan solder yang biasa dipakai untuk menyolder bagian2 kecil sebuah pcb/chip.
4. Sentuhlah/ panaskan dengan solder setiap connector di cartrdige, jangan terlalu panas/lama dan jangan sampai menyentuh bagian fleksiblenya.
5. Bila dijumpai bagian conector yang sudah aus, bisa memakai timah solder yang tipis untuk melapisi bagian conector tersebut…
Tringgggggggggggggggggg…… saya mencoba hal ini pada tiga printer/cartridge canon yang berbeda type. dan hasilnya ternyata diluar dugaan. semua cartridge yang tadinya sudah dianggap rusak dan harus diganti bisa dipergunakan lagi dan blinking karena cartridge terdeteksi rusak pun hilang….

magic result
repair cartridge

SELAMAT MENCOBA, semua tips ini hanya berdasarkan pengalaman sendiri, saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi…
Usahakan anda mencoba tips ini hanya benar-benar pada Cartridge yang sudah RUSAK…. bagi rekan-rekan yang mungkin punya pengalaman dan tips yang mungkin berguna bisa share dengan saya. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar